Gerakan Anti Hoax Diantara Anak Muda dan Masa Depan Indonesia


Liputan Berita /

Gerakan Anti Hoax Diantara Anak Muda dan Masa Depan Indonesia. Perkembangan dunia politik saat ini semakin panas khususnya menjelang pilpres 2019, ada keguncangan dalam kehidupan sosial masyarakat indonesia, dimana saat ini banyak sekali beredar berita-berita palsu yang dianggap benar oleh sebagian kalangan, sejatinya berita tersebut hanyalah sebagai bentuk rekayasa dengan tujuan membuat masyarakat resah dalam menghadapi situasi politik nasional. Banyaknya berita palsu atau hoax saat ini menyebabkan masyarakat terbawa emosi yang tidak jelas sebenarnya ditujukan untuk siapa, apalagi beberapa waktu lalu terjadi aksi teror dengan meledaknya bom di 3 gereja di kota surabaya, banyak yang menilai aksi biadab ini merupakan aksi balas dendam kelompok tertentu, ada juga yang beranggapan sebagai bentuk pengalihan isu untuk mempercepat proses RUU anti terorisme menjadi UU yang sah di indonesia.

Apapun tanggapan dan dugaan yang beredar, kejadian aksi bom bunuh diri di surabaya tidak bisa dibenarkan dalam hukum agama apapun, efeknya dari kejadian teror tersebut, media sosial sebagai salah satu ujung tombak media berita informasi yang lebih banyak bersifat personal malah justru memberikan banyak informasi yang simpang siur bahkan tak jarang pengguna mensahre Disturbing Picuture yang menampilkan kengerian korban teror bom di surabaya. Sejak beredarnya kasus ini, dimedia sosial semacam facebook, twitter, whatsapp dan lainnya telah menyebar informasi yang hanya bersifat provokasi dan ketakutan semata, ini bisa di kategorikan sebagai berita palsu atau hoax karena tidak disertai sumber resmi dari pihak media maupun pemerintah, berita-berita seperti inlah yang bisa membuat keresahan dalam masyarakat yang bukan tidak mungkin akan menimbulkan emosional yang berujung pada gerakan massa.

Selain banyaknya berita yang berifat provokasi, juga banyak beredar berita palsu atau hoax yang bertebaran di media sosial, berita-berita hoax ini memang semakin marak sejak beberapa tahun belakangan, yang terlihat eksis lebih mengarah pada berita politik, dan sara, untuk mengatasi berita negatif ini tentunya masyarakat khususnya genarasi muda perlu membentuk sebuah aktivitas Gerakan Anti Hoax entah itu dalam gerakan komunitas, dunia blogging maupun lainnya. Dalam buku Anak Muda dan masa depan Indonesia yang di tulis oleh 60 penulis dari berbagai daerah di indoensia, banyak membahas peran generasi muda milenial dalam kehidupan digital saat ini, anak muda memiliki peran yang snagat penting dalam memerangi berbagai isu negatif yang bertebaran di media sosial.

Baca Juga  Honda Bikers Day 2017 Zona Kalimantan Berlangsung Meriah

Gerakan anti hoax memang saat ini tengah marak bergulir, namun faktanya memang rada sulit untuk membedakan mana berita yang benar dan mana berita yang palsu (hoax), ini dikarenakan pola permainan para penyebar hoax yang memiliki jaringan sistematis, entah apa tujuan dari pemyebaran hoax ini, tetapi intinya menurut wijayanto salah satu penulis dalam buku Anak Muda dan masa depan indonesia mengatakan ” Pada akhirnya Hoaks hanyalah ekses dari sebuah era kelimpahan informasi sebagai dampak tak terhindarkan dari kemajuan tekhnologi komunikasi. Ibarat Virus, hoaks hanya dapat di lawan dengan serum kekebalan berupa kemampuan berpikir secara kritis ..” (Wijayanto, anak muda dan masa depan indonesia hal 261).

Buku Anak muda dan masa depan indonesia ditulis sekitar 60 penulis yang  berasal dari seluruh daerah di indonesia ini lebih banyak membahas peran genarasi muda dalam menghadapi situasi politik sosial khsuusnya pada dunia digital, dengan editor Dimas Oky Nugroho, PH.D buku ini di tampilkan dalam diskusi beberapa waktu lalu di kafe diskusi kopi Jln Halimun Raya No 11 D Jakarta Selatan. Perkembangan dunia digital saat ini memang tidak luput dari sasaran oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam penyebaran informasi palsu, sebagai genarasi muda milenial, diharapkan mampu memfilter bahkan menjadi terdepan dalam sebuah Gerakan Anti Hoax Diantara Anak Muda dan Masa Depan Indonesia

Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *